Rafting Serayu (2007)

Rafting yang bahasa awamnya Arung jeram merupakan perpaduan antara olahraga, rekreasi, petualangan dan pendidikan.
ORAD Diving, salah satu divisi di MEPA-UNS yang membawahi kegiatan-kegiatan olahraga air, kali ini mengadakan rafting di sungai serayu, tepatnya di singamerta, Banjarnegara. Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang anggota MEPA-UNS plus 2 orang simpatisan.
Perjalanan kami mulai pada hari sabtu, 1 September 2007 pukul 5 sore. perjalanan kami lakukan dengan menggunakan sepeda motor. Minggu dini hari kami sampai di rumah salah seorang anggota MEPA-UNS di Wonosobo, di sana kami beristirahat menyiapkan stamina untuk memulai pengarungan esok pagi. Perjalanan kami lanjutkan pada pagi harinya.

materi rafting

Sebelum memulai pengarungan, kami diberikan materi pelatihan dasar-dasar pengarungan dari skipper. Usai mendapatkan materi, kami mempersiapkan peralatan yang akan kami pakai untuk pengarungan nanti, seperti pelampung, helm, dan paddle. Sebelum melakukan pengarungan, kami berdoa dulu dipimpin oleh skipper masing-masing.

Pada bulan September, grade serayu berada pada tingkat 3+ sampai 4, sangat cocok bagi pemula seperti kami. Pengarungan kami di desa blimbing, Kami yang baru pertama kali melakukan olahraga ini begitu excited untuk segera mengayuh dayung kami. ketika aba-aba “Maju!” diteriakkan oleh skipper kami, adrenalin kami memuncakdan kami harus memasang nyali kuat-kuat.

Berbagai tantangan kami lewati, sampai puncaknya yang ditunggu-tunggu yaitu mainstream yang memiliki jeram sangat dahsyat. Tapi berkat kesolidan tim kami, perahu kami tidak mengalami flip walaupun satu per satu awak kami berjatuhan.
Sampai di Tunggoro, ditengah-tengah pengarungan kami mendapat pelatihan simulasi resue seperti cara melempar throwing bag dan renang jeram.
Total pengarungan kami selama tujuh jam dengan jarak tempuh 26km. Sangat melelahkan namun begitu banyak yang kami dapatkan. Setelah portaging sampai ke basecamp, kami berkemas dan bersiap-siap untuk pulang. Setelah magrib, kami melanjutkan perjalanan menuju sekre tercinta. See you on the next adventure