Pendakian G. Merapi(2008)

tanggal 23-24 Januari 2008 kemaren, rencana sebenarnya rafting di progo atas, berhubung raftingnya diundur, akhirnya kita cari kegiatan lain aja, naik ke Merapi. pendakian diikuti oleh 8 orang anggota dan 1 eksponen. kita berangkat dari sekre setelah magrib, dan mampit dl ke rumah lola di kartosuro. sampai di basecamp sekitar jam 9an, kok sepi banget, ternyata penduduk sekitar basecamp lagi pada dateng ke hajatan. akhirnya kita nunggu di luar sampai yang punya rumah pulang sekitar jam setengah 12. setelah siap-siap kami lalu berangkat mendaki jam setengah satu. Perjalanan ke atas yang sangat aneh. baru kali ini saya naik gunung seterang itu. lagi bulan purnama soalnya, bahkan tidak ada salah satu dari kami yang menyalakan senter, ga perlu, wong malem-melem aja bayangan kita keliatan.

azan subuh sudah terdengar, sekitar jam 4, kami sampai di pasar bubrah, rencananya disini kami akan istirahat sejenak, masak-masak, dan menikmati sunrise, baru pagi-paginya kita muncak.
sekitar jam 9 kami, kami ber-7 naik ke puncak, sedangkan lola sama suwung ga ikut, orang2 pemalas, dengan alasan jaga alat2. setelah melalui medan yang sangat ekstrem selama satu jam, paling ekstrem yang pernah saya liat bahkan. akhirnya kami sampai di puncak Merapi. Ini ketiga kalinya saya mendaki Merapi, ternyata sekarang bentukan puncaknya sudah ga kaya dulu lagi, abis meletus soalnya..
gak terlalu lama di puncak, kami lalu turun ke pasar bubrah, packing dan melanjutkan turun ke basecamp sampai jam 3 sore. perjalanan yang menyenangkan, beruntung sekali selama pendakian tidak hujan sama sekali, padahal lagi musim hujan.
Wisata alam sudah, sebelum pulang kami sempatkan wisata kuliner dulu. kami mampir makan bakso di samping Solo Square. Baksonya gede benerr, cm Rp. 5000, lumayan kenyang. Kalo belum puas, pesen dah bakso yang 10.000, tambah gede lagi tuh, sampai ga bisa diaduk mangkoknya..
Dah kenyang, sampai kampus langsung bersih-bersih dan balikin alat ke gudang..
seneng rasanya bisa kembali ke puncak Merapi, gunung yang pertama kali saya naiki, sama-sama anak MEPA di tahun 2004 lalu.