Elang-ular Jari-pendek

Photographs by Nitin S, 2009

Nama Indonesia : Elang- Ular Jari – Pendek    

Nama Ilmiah: Circaetus gallicus (Gmelin, 1788)

English : Short – toed S

Karakteristiknake – eagle

Berukuran besar 65 cm. Rentang sayap 166 – 155 cm. Berwarna putih pucat. Tubuh kekar, bagian atas coklat keabu – abuan. Tubuh bagian bawah berwarna putih dan terdapat coretan gelap, tenggorokan dan dada warna coklat. Terdapat garis – garis yang melinta

ng samar pada perut. Ekor bergaris hingga empat garis terlihat samar. Individu remaja warnaya lebih pucat daripada individu dewasa. Pada saat terbang sayap terlihat panjang dan lebar dengan leher dan kepala besar dan pendek. Terdapat garis panjang yang mencolok pda penutup sayap yang terlihat pada saat terbang. Iris kuning, paruh hitam, sera abu – abu dan kaki kehijauan.

Penyebaran

Merupakan jenis yang tersebar luas di dunia mulai dari Afrika, Erasia, India, Cina dan Indonesia. Di Asia Tenggara kemungkinan migrasi tidak lengkap.

Di Indonesia jenis ini tersebar di Sumatra ( Van Marle & Vocus 1988), Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara atau di Kawasan Sunda Kecil. Di Jawa dan Bali hanya sedikit catatan seperti di jawa timur hanya beberapa perjumpaan di TN Baluran. Tidak ada catatan di bali setelah Ash (1984).

Suara: Tidak pasti, cenderung diam pada musim dingin dan kadang – kadang mengeong meratap.

Habitat

Jarang ditemukan di hutan lebat. Jenis ini lebih menyukai hutan basah dataran rendah denga tipe vegetasi campuran seperti savana, ladang, dan daerah – daerah terbuka.

Photographs by Chukiat Nualsri, Chumpon, Thailand

Berbiak
Musim kawin antara bulan April – Juni. Sarang terbuat dari tumpukan ranting dan dedaunan yang diletakan pada pohon dengan ketinggian 20 – 30 meter. Jumlah telur hanya 1 (satu) dengan masa pengeraman rata – rata 47 hari.
Makanan
Makanan utamanya adalah Ular, katak atau kodok, reptile lainya seperti bunglon, kadal, anakan biawak, dan kadang – kadang mamalia kecil.
Status Migrasi
Di Jawa dan Bali kemungkinan besar merupakan migrasi dari kawasan Sunda Kecil atau migran dari Asia Tenggara. Merupakan jenis yang melakukan migrasi panjang ( Long Distance Complete migrant).
Kebiasaan

Beberapa catatan menyebutkan jenis ini lebih menyukai daerah pinggir pantai dan semak sekunder. Terbang melingkar dan meluncur dengan sayap yang dibentangkan. Melayang dan mengepakan sayap.

Status Perlindungan

Dilindungi Undang – undang No. 5 tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7 dan 8 tahun 1999. Appendix II CITES.

sumber : raptor indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s