catatan perjalanan Pendakian G.Merbabu jalur cuntel (diktap 2012)

Pendakian Merbabu via Cuntel dilaksanakan pada tanggal 18-20 Mei 2012. Kami yang berangkat berjumlah 9 orang, yakni Niken, Watik, Fauzi, Mas Edi, Mas Fajar, Mas Fais, Mas Sony, Mbak Syeila, dan Mbak Sabil. Perjalanan dimulai dari UNS menuju Terminal Tirtonadi menggunakan bis Langsung Jaya dan dilanjutkan menggunakan Bus ISMO jurusan Solo-Semarang dan turun di Pasar Sapi Salatiga. Untuk sampai ke Kopeng Salatiga kita harus menggunakan bus mini Tunas Mulyo dan turun di Bumi perkemahan Umbul songo. Kami berangkat dari solo pukul 15.00 dan sampai di Pasar sapi, salatiga pukul 17.05. Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju ke bumi perkemahan Umbul Songo dengan menaiki bus Tunas Mulyo dan tiba pukul 18.10. Tiba di bumi perkemahan, kami harus berjalan kaki sejauh 2,5km untuk mencapai basecamp. Sampai di basecamp pukul 19.30.

Pos Bayangan I

Perjalanan dilakukan esok harinya pada hari sabtu, 19 Mei 2012. Basecamp Chuntel (1610mdpl) – Pos Bayangan I (1858mdpl). Perjalanan dimulai pukul 08:20. Cuaca pada saat itu cerah. Jalan dimulai dari perkampungan penduduk dan perladangan dengan jalan yang mulai menanjak dan berkelok-kelok. Waktu tempuh menuju pos bayangan I 30 menit, kami tiba pukul 08.50 sesuai rencana. Di pos bayangan I kita menemukan shelter untuk berteduh.

Pos Bayangan II(2063)

Perjalanan dari pos bayangan I menuju ke pos bayangan II ditempuh selama 50 menit. Kami tiba pukul 09.40. perjalanan menuju ke pos bayangan I kita lalui dengan jalan yang lebih menanjak dari sebelumnya. Lahan disana tidak begitu luas.

Pos I (2145mdpl).

Perjalanan dilanjutkan menuju ke pos I. Tiba pukul 10.20. Kami menempuh perjalanan menuju pos I sekitar 40 menit. Di pos I tidak terdapat shelter dan lahan disana tidak begitu luas untuk mendirikan dome.

Pos II (2300mdpl)

Perjalanan menuju pos II ditempuh dalam waktu 55 menit. Kami tiba pukul 11.15. Di pos II terdapat sumber air yang berasal dari pipa kecil yang letaknya di sebelah kanan pos. Pepohonan rimbun cukup bisa melindungi dari terpaan angin yang bertiup kencang.

Pos III (2458mdpl)

Kami melewati jalan yang berkelok-kelok menuju pos III. Lahan disana cukup luas dan kita bisa melihat pos IV yang berada di atas sana dengan ditandai adanya pemancar.

Pos IV (2883mdpl)

Perjalanan dari pos III menuju pos IV melewati medan yang semakin terjal. Selama perjalanan mata kita semakin dimanjakan dengan pemandangan indah sejauh mata memandang diselingi pepohonan rendah di kanan kiri jalan. Kita sampai di pos IV pukul 14.00. Area di pos IV tidak begitu luas..

Persimpangan-Puncak Syarif(3119mdpl)-Puncak Kenteng Songo(3142mdpl)

Perjalanan dilanjutkan menuju persimpangan. Untuk mencapai persimpangan kita harus melewati jembatan setan dan puncak geger sapi. Di bawah jembatan setan terdapat kawah mati. Di kawah terdapat sedikit air yang berwarna hijau karena pada saat itu sedang musim kemarau. Kita melewati jalan yang berbatu sehingga kita harus menggunakan bantuan tangan untuk mencapai ke atas. Kita sampai di persimpangan pukul 15.55. Di persimpangan terdapat 2 arah yang berbeda. Menuju ke kiri yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit kita akan mencapai puncak Syarif. Di puncak Syarif kita dapat melihat pemandangan Gunung Merapi cukup jelas. Kemudian ke arah kanan dari persimpangan untuk mencapai puncak Kentheng Songo membutuhkan waktu 50 menit. Perjalanan dimulai pukul 16.50 dengan jalan menurun yang tidak tajam karena kami melewati pinggiran bukit. Kemudian kita harus melalui jalan yang sangat berbatu dan harus melakukan traverse untuk melaluinya  dan kita harus merangkak naik untuk sampai ke atas. Tiba di puncak Kentheng Songo pukul  17.40. Di sana kita bisa melihat pemandangan gunung Slamet, Sindoro, dan Sumbing yang berdiri berjajaran. Kita istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan turun via Selo. Jalanan yang dilalui untuk menuju ke sabana II menurun dan sedikit licin. Banyak cabang jalan di jalur Selo ini, ditambah lagi hari mulai gelap membuat kami untuk lebih fokus dalam berjalan. Kami mendirikan camp di sabana II sekitar pukul 19.00. Kemudian dilanjutkan makan malam dan tidur.

Minggu 20 mei 2012

Sabana II

Sekitar pukul 04.30 kami bangun pagi. Setelah sarapan, kita mulai packing untuk menyiapkan perjalanan turun via Selo.

Sabana II – Base Camp Selo

(08:20-11:15)

Perjalanan pulang menuju basecamp, kita akan melewati sabana 1, Pos 3, Pos 2 dan Pos 1

Sabana I

Perjalanan dari sabana 2 ke sabana 1 cukup sulit karena kita melewati turunan terjal seperti daerah aliran air dari puncak dan jalannya agak licin. Dari sabana I kita bisa melihat gunung Merapi dengan sangat jelas. Di sabana 1 bisa dibuat camp  4 tenda dome. Tiba di sabana I pukul 09.00.

Pos 3

Sampai di pos III pada pukul 09.45. Perjalanan dari sabana 1 ke pos 3 jalan lebih sulit daripada sebelumnya, licin dan berpasir dengan kemiringan yang curam. Lahan di pos 3 cukup luas.

Pos 2

Perjalanan dari pos 3 ke pos 2 kita tidak mengambil jalan yang lurus melainkan kita memilih jalan yang belok ke kiri. Menuju pos 2 jalannya mulai agak landai dan di daerah ini mulai banyak pohon-pohon. Di pos 2 lahannya agak sempit mungkin bisa dibuat camp 2 tenda doom. Kami mencapai pos II pada pukul 10.10.

Pos 1

Dari pos 2 menuju pos 1 kita akan melewati kawasan hutan. Jalurnya lumayan mudah karena landai. Di pos 1 lahannya sempit hanya bisa dibuat camp 2 tenda dome. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Kami sampai pukul 10.40. kemudian perjalanan dilanjutkan menuju basecamp yang memerlukan waktu sekitar 35 menit. Pada pukul 11.10 kami tiba di basecamp SELO.

BASE CAMP SELO

Basecamp-basecamp di Selo merupakan rumah warga yang sekaligus dijadikan basecamp. Banyak pilihan tempat yang bisa kita pilih. Salah satuya aadalah POS / BASE CAMP MERBABU PAK PARMAN. Di basecamp ini kita bisa mandi, makan dan minum serta tersedia juga souvenir. Pada pukul 11.15 kita mengadakan evaluasi pendakian lalu dilanjutkan bersih-bersih dan packing. Setelah itu pukul 12.15, kami memulai perjalanan pulang dengan berjalan kaki menuju jalan raya yang cukup jauh untuk memberhentikan bus. Kami menaiki bus ¾ dengan biaya Rp 6000,-/orang untuk sampai di terminal Boyolali. Lalu kami lanjutkan nak bus SAFARI menuju terminal Tirtonadi dengan biaya Rp 10000.-/orang. Dan kami naik bus RUKUN SAYUR menuju depan kampus UNS. Sampai di UNS pukul 16.30. Kami berjalan kaki dari depan kampus menuju sekretariat MEPA dan kami lanjutkan acara bersih-bersih.