Luweng Braholo Gunung Kidul (20-22 September 2013)

Tak terasa kegiatan MNAC telah berakhir. Ada agenda proker yang terlupakan (Latihan Alam k-2). Tak terasa ada 2 minggu untuk mempersiapkannya. Lalu pada hari Minggu 15 September 2013 baru melakukan survey @Luweng Braholo. Kenapa dipilih Luweng Braholo karena untuk Luweng Ombo sendiri itu terlalu dalam. Setelah sekian lama mencari Luweng dan tidak kunjung ketemu, maka akhirnya kami putuskan untuk kembali ke Solo. Setelah sampai Solo, Mas Defy bertanya kepada  teman MAPALA UGM dan akhirnya ketemu lokasinya yaitu di daerah Siung. Lalu pada hari Selasa 17 September 2013 kita melakukan survey yang ke-2 dan ketemu. Terima kasih Mbk Silvi yang sudah mau nemenin survey. Dan setelah itu kita langsung berangkat ke tempat Luwengnya.

Waow amazing, kalo dilihat dari atas, langsung masuk dalam sekali. Saya coba riggingan disitu. Banyak juga lubang tembusnya jadi tidak sulit untuk membuat riggingan. Oh iyaa, disekitar entrance luweng banyak ulat-ulat hlo…HhaHhaa syapa yang maoo.??

Luweng itu sebenarnya juga jalan air hloo. Jadi saat penelusuran sebaiknya saat cuaca cerahh. Lanjut dehh, lalu saya naik lagi ke permukaan karena keterbatasan peralatan yang kami bawa juga kami putuskan untuk pulang. Tapi sebelum itu kami sowan dulu sama Pak Mardi (Dukuh Purwodadi CP : 085292764610). Disana Pak Mardi banyak cerita tentang keadaan iklim disana. Disana juga banyak luweeng hlo hha. Insyaallah kami akan main kesana lagi doakan yaa.

Saat pulang dari sana sudah pukul 19-00 dan kami tetap pulang ke Solo. Oh iyaa, rute menuju Luweng ada banyak sih , tapi yang kami lewati itu rute Wonogiri sama Sukoharjo.

Lanjut lagi, setelah semua beres termasuk surat pinjam alatnya yang sudah clear.  Kita dapat 6 set pinjam dan 2 set milik MEPA-UNS sendiri. Webbing 12, screw 14, dan matras 4.

20 Agustus 2013 kami telah selesai persiapan dan kami bergegas berangkat ke lokasi. Kami berangkat berangkat 10 orang, 6 orang naik mobil sisanya bersepede motor. Tapi jam 7 kami mampir dulu ke warung depan TBS buat makan. Pukul 20.15 mampir lagi ke SPBU Sekarpace buat isi bensin lahh. 20.30 barulah kami otw lokasi via Wonogiri street. Jalan nya bagus beud kaya naik kuda. Sampai di Wonogiri kami mampir lagi di Indomaret buat beli perlengkapan. Lalu kami lanjutkan perjalanan sampai Siung. Sampai disana jalanan sudah sepi. Lha wong kita sampai sana jam setengah 12 malam. Lalu kami putuskan untuk langsung istirahat.

Pukul 06.00, saya bersama Hariyati langung membuat riggingan, tapi ditemani sama Pak Ketum dan Fauzi. Hemm…perut kroncongan karena belum sarapan. Krucuk krucuk-nya sampek terdengar,hahaha.

GambarGambar

Tak berapa lama semuanya datang. Kami masuk Luweng pukul 08.30. Dan saya sebagai leadernya dan Hariyati sebagai assistant-nya. 36 meter menjorok kebawah langsung dijelajahi oleh Koor Caving. Mulut Luweng bila dilihat dari bawah seperti bentuk LOVE hlo. Oh iyaa yang masuk Luweng itu ada Chika(Anak MaRu), Mbak Nana, Mbak Silvi, Mbk Keke, Mas Faiz, Fauzi, Mas Defy, Winando, ama Hariyatiiiiiiiiiiii. Dan yang menjaga ancor diatas adalah Mbak Syeila. Lanjut yaa, sayangnya dalam goa nya ornament nya tidak bagus, banyak yang mati, Mungkin karena cuaca atas yang benar-benar kering.

GambarGambar

Setelah semua turun di pitch pertama, saya lanjutkan untuk rigging di pitch ke 2 tidak terlalu tinggi sih.. cuma 6 meter kog. Tapi kami salah nggunain karmantel. Kaku banget hloo. Lalu beda lagi dengan pitch k 3 nya. Casra melewatinya dengan travers. Palingan 2 meter  miring 25 derajat. Nahh di pitch 3 ini tempat kami beristirahat. Diujung lorong tidak ada tembusan lagi. Tapi disitu ada genangan air plus lumpur liat. Lalu jam berapa yaa, gak tau jam pokoknya trus kita balik naik ke permukan. Cleaning pertama, saya lakukan bersama Hariyati lalu untuk cleaning yang pitch 1 saya.  Oh iyaa.. hati hati yaa kalo ada yang naik JANGAN sampai ada orang dibawahnya, kemungkinan ada batu yang jatuh hloooo yyyaaa..

Setelah semua naik, ternyata baru pukul 16-30an.. Ya sudah, kami langsung beres-beres ke basecamp. Dan sebagian sibuk memasak di dapur. Sekitar 20.30 sehabis kami makan kemudian kami melakukan evaluasi. Selesai evaluasi sekitar jam 22.00 lah , kami pergi main ke Pantai Siung, disana juga ada anggota MEPA-UNS yang lainnya, kan pas waktu itu ada Gathering Climbber, rameee banget. And then jam stengah 24.00 kami balik ke basecamp.

Paginya jam 07.00 kami sudah siap-siap pulang ehhh tiba tiba ban motor nya Mas Defy bocor dehhh. Cari tambal ban selesai jam 9an. Apa boleh buat molor deh waktunyaa.. hhehe

Sampai sekre jam tgah 12.00. Badan capek, mata ngantuk, perut laperrrr. Harus cuci alat segitu banyaknya tuh rasanya.. hemmmmm.. sesuatu banget.

Finally walaupun capek, kami semua tetap senang karena mendapat pengalaman baru dan di tempat yang baru jugaa. Sekian catatan perjalanan latihan alam k 2 kami, mohon maaf bila ada atau banyak salah kata dari saya … :P

By : MEPA 11.012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s