CAMPING CERIA DI GOA SENEN, GUNUNG KIDUL

Penelusuran Goa Senen , Gunung Kidul

Sesuai dengan perjanjian kami sebelumnya, kami berencana mengagendakan penelusuran goa pada bulan minggu terakhir bulan Februari. Dan pilihan kami jatuh di Goa Senen, Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan pada penelusuran kami sebelumnya di Goa Braholo, kami mendapatkan informasi tentang Goa Senen ini, yang menurut cerita warga setempat sangat menarik dan menggugah rasa penasaran kami. Sebagai catatan Goa Senen dan Goa Braholo berada di satu desa yang sama, yakni dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Perjalanan kami agendakan berlangsung hari Jum’at- Minggu, 28 Februari- 2 Maret 2014. Setelah sebelumnya mempersiapkan peralatan penelusuran seperti Set SRT (Single Rope Technique), Kernmantel, Carabiner, Boot, Cover all, Helm, Webbing, dll maka siaplah kami untuk berangkat.

Berawal dari Sekretariat MEPA-UNS (Mapala FEB UNS) kami ber-delapan belas bersiap untuk berangkat pada pukul setegah delapan. Agung (koor caving), haryati, keke, ciput, sony, fajar, candra, ira, dita, asih, albana, phita, chika, fauzi, zaky, nando, dicky dan Budi adalah personil yang berangkat dari sekretariat. Dengan atribut  sepuluh Motor, tiga carrier, satu tacle bag, dan banyak tentengan (kompor, tabung melon, gitar). Sedangkan Sadham dan Pandu menyusul langsung ke Basecamp malam nanti. Sebelumnya KETUM kami , Faiz dan Syeila juga berniat berangkat namun karena ada tamu jauh yang datang dari Riau maka keberangkatan dibatalkan.

Keberangkatan kami terhenti sejenak di SPBU Dagen dan berlanjut ke arah Wonogiri sampai ke SPBU Pracimantoro. Tepat pada pukul 20.30 kami beristirahat di SPBU ini, untuk sekedar  kongkow-kongkow, ibadah dan merokok J

Setelah dirasa cukup kami melanjutkan perjalanan pada pukul 22.00 dan tiba di basecamp kami pada pukul 23.00. sampai disana, pemilik rumah tempat kami menginap, pak Sumardi sudah menunggu. Ini kedua kalinya Saya dan beberapa teman-teman singgah di sini, (sebelumnya saat explore goa Braholo) dan seperti saat itu juga, tikar telah di sediakan bapak ini. Sungguh ciri khas warga desa, santun J.

Setelah sedikit berbincang dengan pak Sumardi, kami pun langsung bongkar muatan. Ups, nyaris lupa, kami belum makan malam. So, kami tim dapur mulai menyiapkan makan malam yang sudah kami bawa dari solo, dan memasak air untuk minuman hangat. Dan tak lama Sadham dan Pandu pun tiba

Makan malam disantap, dan dilanjut dengan briefing kegiatan besok. Briefing mulai pukul 12 malam kurang lebih, dipimpin pak Koor, Agung. Dilanjut dengan Pengesetan (men- setting Set SRT) dan sekaligus merefresh kembali ingatan tentang penggunaan set di lintasan. Selesai pukul setengah dua dini hari, kami pun tidur. Tapi tersisa empat spesies yang masih terjaga. keke, sadam, pandu, dan ciput  bereksperimen memasak nasi untuk sarapan dan membuat agar-agar. Tapi karena ini kali pertama masak nasi secara konvensional, jadilah si nasi gowswong..hehehe ampun Guys :P. Hari pertama pun tutup

Hari kedua kami mulai dengan penuh kesibukan. keke, haryati, phita ira, chika mulai memenuhi dapur, untuk menyiapkan sarapan dan minuman hangat. Sedang teman-teman yang lain mulai menyiapkan peralatan. Agung, Nando dan Ciput berangkat ke lokasi untuk membuat lintasan (rigging). Sarapan pukul 7 pagi, dan persiapan selesai pukul setengah sembilan. Sebelum berangkat, kami menunggu kakak kami yang berangkat dari jakarta, mas Erry yang tiba pagi ini. Tak lama mas Erry datang, kami pun bersiap berangkat. Cover all menempel, Set SRT terpasang, boot dan helm juga sudah di pakai, Foto-foto sebentar, jeprat jepret, lanjut berangkat ke goa .

Perjalanan dari Basecamp menuju Goa, kurang lebih 10 menit dengan motor. Dengan panorama pegunungan karst di sepanjang perjalan membuat kami berdecak kagum, Guys inilah INDONESIA J. Sampai di sana sudah ada Flysheet untuk masak. So, sambil nunggu temen-temen turun (descending), keke dan dicky bakar roti untuk bekal makan siang di dalam goa. Dengan kedalaman goa kurang lebih 10 meter kami satu persatu mulai turun. Dimulai dari agung sampai yang terakhir dicky. Semua personil Sejumlah 17 Orang selesai turun (Albana dan Asih tidak ikut explore karena harus ta’ziah siang ini di solo, so asih dan al pulang pagi tadi) sekitar pukul 11 siang.

Goa Senen termasuk Goa yang sangat lengkap menurut kami karena di goa ini tersaji segala jenis ornamen dan pada siang hari akan muncul si Ray of light (cahaya ilahi) yang menjadi buruan kami J.  Explore di mulai dari chamber utama goa ini. Dari bawah entrance kami langsung di sambut oleh pilar besar berwarna hijau dan di depan mata kami terjejer ribuan stalaktit yang telah berjejer membentuk gorden dan beberapa batu yang menyala kelap-kelip seperti bintang di alam semesta. Hal yang juga menarik dari goa ini adalah ornamen yang ada memiliki tiga gradasi warna yakni hijau, biru dan merah. Seakan-akan goa ini disinari cahaya lampu yang berbeda warna. Dalam Goa ini juga kami dapat melihat kumpulan kalelawar dan amplifighi, hewan khas yang hanya bisa di temukan di goa.

Saat asik berfoto-foto, kami tersadar saat melihat entrance, si Ray of light perlahan mulai mengintip. Kami satu persatu menuju kembali ke entrance, dan tentu saja berfoto ria. Sebagian dari kami kemudian mengikuti pak Koor untuk Explore ke kiri goa, ke arah dalam goa, sedang sebagian masih mengabadikan cahaya ilahi ini dengan berbagai pose.

Bagian dalam goa (arah kiri) ini pun merupakan sebuah chamber, namun tidak begitu besar. Bagian ini menjadi menarik karena ornamennya yang berlimpah. Stalaktit, stalakmit, Flowstone, Gordam, Straw menjadi sajiannya.

Pukul 12.30 siang kurang lebih, explore selesai dilaksanakan. Kami pun mulai menyantap bekal. Roti bakar, agar-agar, biskuit, dan snack yang isinya angin doank menjadi santapan kami. Setelah dirasa semua cukup. Kami pun naik satu-satu. Namun karena set yang kami punya tidak cukup maka kami melakukan transfer alat agar semua personil bisa naik. Semua personil selesai naik kurang lebih pukul 2 siang. Tim dapur pulang ke basecamp lebih dulu untuk menyiapkan makan sore, sedangkan yang lain membersihkan lintasan. Sambil menunggu masakan siap, sebagian dari kami memilih ke Pantai Siung untuk Mandi dan mengejar Sunset , karena kebetulan Pantai Siung juga tidak terlalu jauh, kurang lebih hanya 15 menit dari basecamp kami.eh ternyata Nugroho dan Fitri menyusul datang ke basecamp, ikutlah mereka ke pantai siung.  Barulah pulangnya kami makan malam, yang dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan dan maen kartu lalu tidur manis.

Minggu pagi, kami mulai dengan sarapan dan packing alat yang selesai pukul 8.30 pagi. Namun karena hujan yang cukup deras akhirnya kami meninggalkan basecamp pukul 09.00 pagi. Di awal perjalanan tiba-tiba ban motor agung bocor, jadilah kami tambal ban dulu di bengkel terdekat. Kemudian kami kembali berhenti di SPBU pracimantoro dan lanjut Sampai ke Sekretariat pada pukul 12 siang.

Inilah petualangan caving kami. Tunggu Cerita lainnya yang lebih seru lagi J

Bravo MEPA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! I LOVE INDONESIA

Catatan :

Peralatan yang kami bawa

Untuk rigging (anchor) :2 karmantel (untuk lintasan dan untuk transfer alat ; asumsi lintasan  10m)

4 carabiner Screw

4 Webbing

1 Pullay

1 C.Friksi

Carrier, tacle bag, flysheet.

Set SRT, Cover all, Helm, sepatu Boot, Headlamp (sejumlah penelusur harusnya)

Kamera (tentu)

Biaya / pengeluaran

Retribusi goa (perawatan)      :           Rp. 10.000 / orang (dibayar ke pak wakino a.k.a kades)

Basecamp                              :           Rp. 100.000 (karena disana air beli, 1 tangki = 75k)

Makan                                     :           Rp.terserah (tergantung makan apa ) J

Transport                                :           Rp. Beda-beda (tergantung dari mana dan naek apa) J

(kalo dari jakarta, mas erry naek BIS yang langsung ke lokasi, ada loh )