Pendakian Gunung Sindoro

Kali ini saya akan memamarkan catatan perjalanan kami saat pendakian Gunung Sindoro via Desa Kledung. Berangkat dari kampus FEB UNS hari Jum’at, 6 Februari 2015 pukul 07.30 kami ber-19 menuju boulvard dan naik bus menuju terminal Tirtonadi.

Sesampainya di terminal Tirtonadi pukul 08.00 kami langsung naik bus Sumeh dan ternyata masih ngetem sampai pukul 09.00. Mulai lah perjalanan menuju Wonosobo dengan tarif bus 25rb per orang. Pukul 14.30 kami turun dari bus langsung depan basecamp Kledung. Setelah makan siang, persiapan, dan pemanasan kami berdoa dan memulai pendakian pukul 15.00. Karena rombongan berisi 19 orang, maka dibagi dua tim atau kloter supaya meningkatkan efisiensi waktu pendakian.

Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 sebagian melewati pemukiman dan sebagian besar ladang tembakau. Kami berjalan sekitar 2 kilometer jalan berbatu dan sampai di pos 1 pukul 16.30. Pos 1 terletak tepat pada perbatasan antara ladang penduduk dengan hutan.

 

Setelah ambil napas sebentar, kami melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 masuk ke dalam hutan dengan trek tanah. Kami sampai di Pos 2 pukul 17.30

Pos 2 (Cawang)

Perjalanan dilanjutrkan menuju Pos 3 dengan trek kombinasi tanah kemudian berbatu. Sampai Pos 3 pukul 20.00. Kami mendirikan tenda di sana untuk bermalam. Uniknya, pada malam hari ada 2 ekor babi hutan berukuran besar (panjang kira-kira 1,5 m) yang sangat mengganggu para pendaki yang bermalam di Pos 3. Babi-babi ini mencuri makanan dan merusak tenda.

Pagi harinya, kami bangun dan bersiap-siap untuk summit attack (tidak lupa sarapan tentunya). Pukul 07.45 kami mulai mendaki lagi meninggalkan barang-barang dan tenda di Pos 3. Dari sini sampai puncak trek seluruhnya berbatu dan mulai menanjak terjal. Kami beristirahat di Pos 4 sebentar kemudian melanjutkan menuju puncak. Pukul 11.30 akhirnya kami sampai puncak Sindoro. Karena ada peringatan setelah pukul 12.00 berbahaya berada di puncak disebaban gas belerang, maka kami langsung berfoto dan tidak berlama-lama di puncak.

Puncak Sindoro

Pukul 11.55 kami turun langsung menuju Pos 3 tempat kami menginap. Hampir sampai Pos 3 hujan tiba-tiba turun dan kami memutuskan menunggu hujan reda sesampainya di Pos 3 pukul 14.00. Sambil menunggu hujan reda kami bersiap-siap untuk turun dan mulai jalan pukul 15.30. Perjalan menuju basecamp diwarnai dengan kaki keram karena sebelumnya terlalu lama berdiam diri di Pos 3 dalam kondisi dinginnya hujan. Tidak lupa kami mengambil sampah an-organik sepanjang jalan turun. Akhirnya kami sampai basecamp Kledung pukul 21.00.

Sesaat sebelum pulang

Minggu pagi kami bersiap pulang dan naik bus pukul 08.00 langsung menuju Solo dengan tarif 20rb per orang. Kami sampai terminal Tirtonadi pukul 13.00 kemudian naik bus tujuan Tawangmangu dan turun di boulvard UNS. Akhirnya kami sampai kampus FEB UNS pukul 14.00 dengan kondisi personil lengkap dan sehat walafiat. (Indra)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s