SEMERU ADVENTURE 2016

img_2344

Pada tanggal 5-8 Mei 2016, MEPA-UNS mengadakan kegiatan pendakian massal puncak gunung Semeru. Kegiatan ini merupakan gagasan dari para alumni MEPA-UNS untuk anggota aktif MEPA-UNS dan alumni. Reuni akbar pada bulan November tahun lalu membuat para alumni semakin bersemangat untuk menyambung tali silaturahmi sekaligus mengenang masa lalu ketika masih aktif dalam berkegiatan di alam. Harapannya dengan seringnya diadakan kegiatan-kegiatan untuk alumni dan anggota aktif akan kembali mengeratkan tali silaturahmi antar sesama anggota maupun partisipan. Sekitar 15 anggota aktif dan 70 alumni dari berbagai lintas generasi ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pada tanggal 4 Mei, kami berangkat dari kampus sekitar pukul 8 malam menggunakan bus yang telah di sewa. Kami telah menyiapkan perbekalan sesuai dengan standar pendakian pada malam harinya. Sekitar 15 anggota aktif dan beberapa eksponen (sebutan untuk alumni MEPA-UNS) yang berdomisili di Solo ikut dalam bus tersebut.

Pukul 7 pagi, 5 Mei 2016, kami sampai di tempat pemberhentian sebelum pindah menggunakan mobil Jeep. Disana kami juga bertemu dengan eksponen lain. Setelah itu kami menaiki mobil Jeep yang telah di sewa. Sekitar 2 jam perjalanan akhirnya kita sampai di basecamp Ranupane. Sesampainya disana kami pun menyantap hidangan yang telah disediakan untuk sarapan pagi. Keadaan disana sangat ramai karena hari tersebut adalah hari libur panjang. Kami pun mengurus ijin pendakian, rencananya pada hari itu kami bisa melakukan pendakian namun karena ijin pendakian belum semuanya selesai maka kami belum bisa melakukan pendakian. Pada pendakian kali ini kami dibagi menjadi 7 tim, yang terdiri dari 1 tim puncak dan 6 tim camp Ranukumbolo. 6 tim camp Ranukumbolo dibagi menjadi 2, tim yang berangkat hari kamis dan hari jumat karena beberapa alumni baru datang pada hari itu. Sekitar pukul 5 sore akhirnya simaksi telah selesai diurus. Tim puncak dan tim camp Ranukumbolo 1 pun bersiap untuk berangkat. Kami juga menyewa beberapa porter untuk membawa barang-barang kami. Targetnya adalah camp di Ranukumbolo.

6 Mei 2016, pukul 3 sore, tim camp Ranukumbolo 2 pun bersiap untuk berangkat. Pukul 8 malam kami pun tiba di Ranukumbolo. Sesampainya disana sudah terpasang dome yang di bawa oleh tim camp 1. Kami pun juga mendirikan dome dan memberikan beberapa logistik kepada juru masak kami. Setelah itu kami pun menyantap makan malam dan beristirahat. Tim puncak kira-kira pukul 7 malam sudah berangkat ke kalimati untuk melakukan summit attack.

Pagi harinya, 7 Mei 2016, setelah sarapan pagi kami bersiap untuk eksplorasi ke Oro – Oro Ombo, meskipun ada beberapa eksponen yang berumur diatas 60an tetapi mereka masih bersemangat untuk menaiki tanjakan cinta. Sesampainya di Oro – Oro Ombo kami pun mengambil beberapa gambar. Pada bulan itu bunga-bunga di Oro – Oro Ombo sedang mekar-mekarnya. Setelah puas mengambil gambar kami pun kembali ke Ranukumbolo bersiap untuk pulang ke basecamp. Setelah packing, beberapa dari kami menetap di Ranukumbolo untuk menunggu tim puncak. Menurut para alumni, Semeru telah banyak berubah ketika itu terakhir kali mereka melakukan pendakian di Semeru adalah tahun 90an, dulu sangat jarang untuk bertemu pendaki lain. Keadaan disana masih sangat alami dan indah. Meskipun fisik tidak sekuat dulu tetapi semangat mereka masih sama. Sekitar pukul 4 sore, tim puncak telah sampai di Ranukumbolo. Setelah istirahat sejenak, kami pun bersiap untuk perjalanan pulang ke basecamp. Sesampainya di basecamp, semua peserta pun beristirahat.

8 Mei 2016, kami pun bersiap-siap kembali untuk pulang ke solo. Beberapa alumni telah pulang terlebih dahulu ke tempat tinggalnya masing-masing. Sebelum pulang, kami pun menyantap sarapan pagi terakhir kalinya di basecamp. Setelah itu pun kami pulang. Perjalanan telah berakhir, suatu pengalaman berharga bisa mendaki bersama-sama dengan alumni. Meskipun perjalanan ini telah berakhir cerita akan tetap berlanjut. Sampai jumpa pada perjalanan – perjalanan berikutnya.

img_2141

img_2280

Sie Publikasi 2016

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s