Pendakian Merbabu Lintas Jalur Via Suwanting-Selo

Gunung Merbabu merupakan gunung yang sudah lama tidak aktif atau mati. Gunung ini memiliki ketinggian 3145 mdpl (Puncak Kenteng Songo). Secara administratif gunung ini masuk kedalam beberapa wilayah yaitu kabupaten boyolali, magelang. Gn. Merbabu terkenal dikalangan para pendaki karena trek pendakiannya yang bersahabat bagi pemula sekaligus pemandangan alamnya yang indah. Ada berbagai jalur pendakian Gn. merbabu diantaranya Via Selo, Suwanting, Thekelan, Cuntel dan Wekas. Dan kali ini kami akan melakukan pendakian lintas jalur, naik via Suwanting (magelang) dan turun Via Selo (boyolali). Jalur Pendakian Suwanting adalah jalur baru dalam pendakian Gn Merbabu. Pertengahan maret 2015 jalur ini kembali dibuka secara resmi setelah sekian lama ditutup. Dan jalur Selo adalah jalur yang sangat familiar karena sering di daki oleh para pendaki.

Pendakian ini kami beranggotakan 13 orang yaitu dama, sulthon, faiz, purwandi, dinar, susi, desy, tesia, infus, fadila, asih, retno dan dhita.

Hari jumat jam 13.30 kami berangkat dari Sekretariat MEPA UNS. Kami berjalan bersama menuju gerbang depan kampus dengan ditemani rekan-rekan yang ikut mengantarkan bersama. Perjalanan kami menggunakan Transportasi Umum. Pukul 13.55 wib kami mendapat Bus Rukun Sayur, menuju ke terminal Tirtonadi dengan tarif Rp. 4000/org. Tiba di Terminal Tirtonadi, kami bergegas mencari Bus arah Semarang, kami naik Bus Safari dengan tarif Rp. 13.000/org. Tujuan turun kami diPasar Sapi Salatiga.

Pukul 16.30 kami sampai di Pasar Sapi Salatiga. Kami menunggu mobil yang sudah kami pesan sebelumnya sekaligus shalat ashar. Berhubung mobil yang telah kami pesan ada masalah mesin. Akhirnya kami menyewa mobil ditempat ini. Dengan tarif Rp. 400.000/mobil. Jam 17.30 kami berangkat menuju Basecamp Suwanting. Perjalanan terhenti sejenak untuk beristirahat semalam di basecamp.

Hari minggu jam 04.30 kami bangun, shalat, masak, mandi dan packing. Jam 08.00 kami start memulai pendakian. Dari Basecamp menuju Pos 1 kami melewati jalan ditengah pemukiman,  ladang warga dan hutan pinus. Jam 09.00 akhirnya kami sampai di Pos 1 ditengah hutan pinus.

Lanjut perjalanan ke Pos 2, di jalur ini banyak dijumpai arbei dan strawberry hutan. Lumayan bisa makan langsung dari alam. Namun beberapa saat kemudian hujan mulai turun dan memaksa kami memakai mantol. Jalur trek nya lumayan menguras tenaga karena banyak trek yang menanjak. Sesekali kami istirahat ditengah perjalanan.

Kami sampai di Pos 2 pukul 12.00 wib.  kami beristirahat sekaligus shalat. Tak berselang lama  kami melanjutkan perjalanan ke Pos 3.  Vegetasi pada perjalanan ini  mulai terbuka dengan trek tanah yang menanjak. Cukup membuat kami lelah diperjalanan.  Kemudian pukul 16.00 kami sampai di pos air sebelum pos 3, kami mengisi jerigen dan botol untuk persediaan air. Cuaca mulai berkabut disertai gerimis, perjalanan tetap berlanjut. Sampailah kami di Pos 3 pukul 16.15. Hari masih sore, kami menikmati sunset dan memutuskan bermalam di pos 3.

Keesokan hari..

Kami melanjutkan perjalanan pukul 08.30 ke Sabana 1. Treknya menanjak dengan cuaca berkabut. Sampai di sabana 1 jam 09.00 kami langsung lanjut ke sabana 2 dan ditengah perjalanan kami berpapasan langsung dengan warga yang mencari kayu bakar. Jam 09.30 kami sampai di sabana 2. Istirahat sebentar lalu kami melanjutkan perjalanan dan akhirnya kami sampai di sabana 3, jarak antar sabana memang tidak begitu jauh.

keatas sedikit kami sampai di Puncak Suwanting pukul 10.00. Perjalanan masih tetap berjalan dan akhirnya jam 10.30 kami sampai di puncak trianggulasi. Istirahat sejenak dan lanjut ke puncak kenteng songo.

kemudian jam 11.15 kami langsung bergegas turun via selo.Pukul 12.00 kami sampai di sabana 2 selo dengan melewati trek tanah yang menurun dan cukup curam, kemudian kabut mulai turun dan akhirnya turun hujan.

Kami pun bergegas memakai mantol dan melanjutkan perjalanan agar tidak kedinginan. Lalu sampailah kami di sabana 1 dan ditengah jalan kami dihampiri 2 orang laki-laki dalam keadaan basah kuyup yang meminta air minum karena kehabisan perbekalan. Kamipun memberi mereka beberapa botol air mineral dan roti. Dan kami melihat tenda merekapun juga tidak valid, keadaannya basah semua. Kami mengajak mereka untuk turun bersama namun mereka tidak mau dan menunggu hujan reda. Lalu kamipun bergegas melanjutkan perjalanan.

Trek yang kami lalui cukup licin dan terjal, kemudian jam 14.15 sampailah kami di Pos 3 Batu Tulis. Lalu kami melanjutkan perjalanan dan pukul 14.45 kami sampai di Pos 2. Kami istirahat sebentar lalu bergegas kembali.

Akhirnya kami sampai di Pos 1 jam 15.30 kemudian kami langsung turun menuju Basecamp dan sampailah kita di Basecamp jam 16.15 kamipun istirahat, shalat, mandi dan berkemas-kemas karena mobil yang sudah kami pesan sudah menunggu. Pukul 18.15 kami berangkat dengan mobil pick up ke solo dengan biaya 350.000/mobil. serta ada 1 pendaki asal jakarta yang ikut naik mobil dengan kami dan turun di kartasura. Kemudian jam 21.30 kami sampai di sekretariat mepa uns. Kamipun segera bersih-bersih alat dan setelah itu kami evaluasi kegiatan. Akhirnya pukul 23.00 kami selesai dan pulang.. .

sayonara~~

Sabana 2 – Sabana 3 30 Menit
Sabana 3 – Puncak Kenteng Songo 40 Menit
Total  10 Jam

Pada umumnya kecelakan atau musibah dalam dunia pendakian banyak disebabkan oleh faktor pendaki itu sendiri. Mulai dari persiapan fisik, logistik yang kurang dipersiapkan dengan baik, kemudian pengetahuan tentang cuaca maupun hal lain yang terkait pendakian yang masih minim. Oleh karena itu kegiatan alam bebas harus dipersiapkan dengan matang dan Pada dasarnya semua itu ada ilmunya. Ketika kita mengadakan kegiatan di alam bebas kita dituntut untuk cerdas dalam menyikapi segala hal yang terjadi.

”Dan jadilah pecinta alam Bukan hanya sekedar penikmat alam”