Mapala dari UNS Ajak Anak SD Peduli Lingkungan

   Mapala dari UNS Ajak Anak SD Peduli Lingkungan

AJARI MENANAM: Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam Universitas Sebelas Maret (MEPA-UNS) mengajari anak-anak SD menanam. (manteb.com/dok-way)

SOLO, MANTEB.Com – Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam Universitas Sebelas Maret (MEPA-UNS) telah selesai menggelar MEPA-UNS National Adventure Competition 2017 (MNAC) pada Minggu (23/7) lalu. Acara tingkat nasional yang telah digelar untuk kali keenam tersebut, diikuti oleh 66 tim dengan total 132 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

MNAC 2017 merupakan kegiatan perlombaan tingkat nasional yang diadakan oleh MEPA-UNS. Setelah perlombaan tersebut, Mapala dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS juga mengadakan sosialisasi mengenai kepedulian lingkungan kepada anak-anak sekolah dasar (SD) pada Sabtu (29/7/2017) lalu. Sosialisasi dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Sukorejo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen.

Ada yang berkesan dalam acara tersebut. Selain mengadakan lomba menjelajah alam, bentuk kecintaan kepada alam juga mereka tunjukan kepada anak-anak SD dengan mengajari menanam tumbuhan. Della, salah satu panita MEPA-UNS mengatakan, selain mengadakan lomba orienteering, mereka juga mengajak anak-anak SD untuk lebih peduli kepada lingkungan sekitar.

“Sosialisasi yang diberikan adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjaga lingkungan. Sosialisasi tersebut diberikan agar para siswa dapat belajar untuk menjaga lingkungan yang sehat sejak dini, dilanjutkan menanam tanaman bersama,” kata Della.

Menurutnya, acara seperti ini menjadi bukti bahwa Mapala juga memiliki perhatian kepada anak-anak untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

“Bahwa Mapala juga bisa berkontribusi bagi masyarakat sekitar,” tutur Della.

MNAC 2017 diadakan dengan serangkaian acara yaitu Fun Orienteering, Lomba Orienteering, dan Sosialisasi lingkungan tersebut. Orienteering adalah olahraga mencari dan menemukan lokasi atau titik secara tepat dan akurat dengan menggunakan peta dan kompas. Lomba dibatasi dalam waktu empat jam, dengan 30 menit pinalti.

Dalam lomba orienteering kategori umum putra, juara 1 diraih Tim Dinamik UMS, juara 2 dari Tim Cakiel, dan juara 3 dari Tim Brahmahardika UNS. Sementara di kategori umum putri juara 1 dan 2 diraih oleh tim dari Metala UMS, Juara 3 dari SMK N 1 Miri Sragen. Sedangkan di kategori U-20 , juara 1,2 dan 3 diraih oleh Tim OSM dari SMK N 1 Miri Sragen.

(Rilis/way)

Posted by  | Aug 2, 2017 |  |  

Sumber: http://manteb.com/event/mapala-dari-uns-ajak-anak-sd-peduli-lingkungan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: