Siaran Pers: MNAC 2017 Ajak Siswa-siswi Sragen Peduli Lingkungan

MAHASISWA Ekonomi Pecinta Alam Universitas Sebelas Maret (MEPA-UNS) menghelat MEPA-UNS National Adventure  Competition 2017 (MNAC 2017) pada Minggu (23/7) lalu. Acara tingkat nasional yang telah digelar untuk kali keenam tersebut, diikuti oleh 66 tim dengan total 132 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. MNAC 2017 merupakan kegiatan perlombaan tingkat nasional yang diadakan oleh MEPA-UNS dengan serangkaian kegiatan yaitu, Fun Orienteering, Lomba Orienteering dan Sosialisasi lingkungan.

Rangkaian acara MNAC 2017 sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 17 juni 2017 dengan menggelar kegiatan Fun Orienteering di Area kampus UNS, kemudian dilanjutkan dengan Lomba Orienteering pada tanggal 22-23 Juli 2017 di Sragen, serta ada sosialisasi lingkungan  di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Sukorejo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen yang telah dilaksanakan pada, Sabtu, 29 Juli 2017. Acara Fun Orienteering diikuti oleh 23 peserta dari kalangan mahasiswa dan pelajar di Soloraya dan dilanjutkan dengan buka bersama setelah perlombaan fun orienteering.

 

Orienteering sendiri adalah olahraga mencari dan menemukan lokasi atau titik secara tepat dan akurat dengan menggunakan peta dan kompas. Persyaratan lomba kali ini yakni dibatasi waktu 4 jam dengan 30 menit pinalti. Sehari menjelang lomba Orienteering nasional dilakukan Technical Meeting di Aula Gedung V Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS. Lomba orienteering nasional ikut diramaikan dengan tampilnya kesenian daerah dari Desa Sukorejo yaitu Reog. Pertunjukan Reog tersebut diperankan oleh warga Sukorejo untuk mengisi waktu istirahat sambil menunggu hasil perlombaan. Setelah pengumuman hasil lomba, dilaksanakan upacara penutupan, pembagian piala juara lomba orienteering, dan pembagian bibit tanaman di Desa Sukorejo.

 

Tim yang keluar sebagai juara lomba Orienteering kategori umum putra adalah Tim DINAMIK UMS sebagai juara pertama, lalu Tim CAKIEL juara kedua dan juara ketigannya dari tim BRAHMAHARDHIKA UNS. Sementara di kategori umum putri juara pertama dan keduan dijuarai oleh TIM dari METALA UMS, Juara 3 dari SMK N 1 Miri Sragen. Sedangkan di kategori U-20, juara pertama, kedua dan ketiganya diraiholeh TIM OSM dari SMK N 1 Miri Sragen.

 

Sosialisasi lingkungan pada tanggal 29 Juli 2017 di MI Muhammadiyah Sukorejo, Sragen. Diikuti siswa-siswi dari kelas satu sampai enam. Tema sosialisasi yang diberikan adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menjaga lingkungan, sosialisasi tersebut diberikan agar para siswa dapat belajar untuk menjaga lingkungan yang sehat sejak dini. Dilanjutkan dengan menanam tanaman bersama . Para siswa MI Muhammadiyah Sukorejo mengikuti acara dengan antusias . Sosialisasi Lingkungan merupakan rangkaian penutup dari MNAC 2017.

Siaran Pers: MNAC 2017 Ajak Siswa-siswi Sragen Peduli Lingkungan

Jumat, 4 Agustus 2017 Agenda Tinggalkan komentar 155 Tampilan

Sumber : http://saluransebelas.com/mnac-2017-ajak-siswa-siswi-sragen-peduli-lingkungan/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s