Goa Gebyok, Tepus, Gunung Kidul

28-30 September 2017

Disuatu sore,

Di sebuah sekretariat,tempat kita berkumpul yang  telah dipenuhi canda tawa dan terdengar sebuah keramaian  dengan berbagai aktivitas dan kesibukan untuk penelusuran goa.

Selain melakukan  penelusuran Goa Gebyok, dihari terakhir kita Camping Ceria di pantai pok tunggal yang berada disekitar tepus gunung kidul.

Anggota yang ikut kegiatan ini adalah:

1. Albana             (Mepa 10.007)
  2. Sih                   (Mepa 13.006)
  3. Gilbert             (Mepa 14.006)
  4. Asrofi              (Mepa 14.019)
  5. Julia                 (Mepa 14.015)
  6. Sulthon            (Mepa 14.022)
  7. Anggi              (Mepa 15.001)
  8. Cahya S           (Mepa 15.002)
  9. Sarah               (Mepa 15.011)
  10. Cahya H          (Mepa 16.001)
  11. Desi                 (Mepa 16.002)
  12. Fadila              (Mepa 16.004)
  13. Nanda             (Mepa 16.006)
  14. Della                (Mepa 16.008)
  15. Susi                 (Mepa 16.009)
  16. Tesia                (Mepa 16.010)
  17. Zulfi

pukul 13.30 WIB kita berkumpul, dan kita melajutkan packing, kemudian briefing pukul 14.30 dan selesai briefing kita memutuskan untuk sholat ashar terlebih dahulu, kita berangkat pukul 16.00 WIB, dan tak lupa kita mampir ke SPBU Dagen. Untuk mengisi bbm.

Rute perjalan yang kami lewati yaitu Palur – Bekonang – Sukoharjo kota – Weru sukoharjo Semin SemanuTepus Gunung Kidul, dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 jam.

Pukul 18.00  sampai di mushola tepus dipertigaan memasuki kawasan goa tepus, kita sholat maghrib sambil menunggu yang sebelumnya ada yg mlipir ke polsek semanu untuk mengurus perizinan,  lalu kita sholat isya’ di mushola sekalian, dan melanjutkan perjalanan ke basecamp sekitar 5 menit, lalu kita membagi tugas,  ada yang masak dan ada yang memberikan review materi mapping dan set SRT ke peserta, setelah review  materi selesai.. kita makan malam bersama-sama.

keesokan harinya, pukul 05.30 koor caving dan 2 orang anggota caving berangkat duluan untuk rigging di goa. Peserta makan pagi Pada pukul 06.30, Di Basecamp peserta melakukan pemanasan sebelum berangkat ke Goa, pukul 07.30 wib peserta perjalanan ke goa melewati ladang ladang warga dan sampai di goa sekitar pukul 08.00 wib

sebelum penyusuran dimulai,  Koor Caving memberikan briefing apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat di dalam goa, bahaya goa , dan memberi tugas kepada peserta untuk mapping goa dan apa saja yang ditemui di dalam goa.

Pukul 08.30 WIB kloter pertama masuk goa,  penyusuran dimulai dengan estimasi waktu 3 jam harus sudah kembali.  di entrace 1 pitch pertama , kita dapat melihat slope yang terjal kita harus berhati-hati untuk menuruninya, dan diujung menuju pitch 2 kita melintasi lubang seperti kolam sedalam 1 lutut dan kita rigging di lobang tembus yg diatas kolam walaupun jarak antara pitch ke dua lumayan jauh sekitar 1m, dikarenakan sekitar pitch 2 tidak ada lobang tembus, dan untuk menuruni pitch 2 kita menggunakan teknik abseling tapi menggunakan descender (autostop/simple). kita menyusuri  hanya sampai ujung menuju pitch 3. Lalu beristirahat makan dan minum serta berfoto bersama. Setelah itu kloter 1 keluar dari Goa sampai di entrance pukul 11.30 WIB, lalu giliran Kloter ke dua  masuk goa, sambil menunggu kloter 2 susur goa, kloter 1 ishoma di dekat entrance, dan kloter 2 pun keluar goa pada pukul 14.30 WIB

Didalam goa kami  mapping dan mempelajari banyak hal diantaranya tentang ornamen goa seperti stalaktit (ornamen yang tumbuh dibagian atas goa), stalakmit (ornamen yang tumbuh dibagian bawah goa), pilar (ornamen stalaktit dan stalakmit yang menyatu), dan flowstone (aliran air melalui retakan atau bidang antar lapisan dinding bagian goa), terdapat beberapa hewan goa diantaranya, kelelawar, laba-laba, jangkrik, udahg,dan lain sebagainya, selain itu disana juga terdapat guano (kotoran kelelawar) yang baunya sangat menyengat di indra penciuman.

Setelah penyusuran Goa Gebyok selesai, kita kembali ke basecamp bersih” dan packing, setelah itu kita langsung menuju ke pantai pok tunggal untuk camping ceria.sesampainya di pantai kita mendirikan dome,  Camping ceria diisi oleh bakar bakar sosis dan jagung serta ada games. Dan keesokan harinya tanggal 30 Oktober 2017, kita main dipantai, dan bersenang-senang bersama.

Dan pukul 12.30 WIB kita packing, pada pukul 13.00 WIB  kami kembali menuju Sekre MEPA UNS, dan tiba di sekre sekitar pukul  15.30 WIB

By:

Koor Caving

Sukma Dellaraswati ( MEPA 16.008)
[BONUS] Dokumentasi Goa Gebyok & Campcer Pok Tunggal

This slideshow requires JavaScript.